Pelatihan Kewiraan PT.Pupuk Kaltim

Yang namanya karyawan BUMN (katanya) sebelum menjadi karyawan tetap harus menjalani pelatihan kewiraan. PT. Pupuk Kaltim adalah BUMN, oleh karena itu saya harus menjalani pelatihan tersebut. Tujuan utamanya adalah menumbuhkan semangat kebangsaan di jiwa calon-calon karyawan BUMN tersebut. Tujuan yang mulia menurut saya karena BUMN menempati pos-pos yang vital bagi daya tahan bangsa. Materi-materi yang diberikan adalah ketahanan nasional, kesadaran hukum, keamanan ketertiban masyarakat (KAMTIBMAS), kesadaran pada hukum, kesadaran pada disiplin, sistem pengamanan di Pupuk Kaltim, peran agama dalam pekerjaan, jasmani militer, peraturan baris-berbaris, tata upacara militer, bela diri militer, outbond. Setiap jam 05.00 WITA kami olahraga pagi, kemudian jam 07.00 kami apel pagi, dan dilanjutkan pemberian materi di kelas. Setelah sholat dzuhur dan makan siang, materi diberikan di lapangan. Materi selesai jam 04.00 WITA. Malam harinya kami harus apel malam jam 09.00 WITA. Fuih, cukup melelahkan.

Saya cukup senang menjalaninya, itung-itung belajar untuk hidup teratur. Cuma yang menjadi pertanyaan besar, kenapa saya tidak merasa bertambah rasa kecintaan terhadap bangsa. Yang malah menjadi poin penting bagi saya adalah;

  1. Latihan hidup teratur.
  2. Kondisi fisik semakin prima karena banyaknya aktifitas fisik
  3. Saya kenal teman-teman dari berbagai daerah.

Pemberian materi di kelas yang seharusnya menjadi inti utama menjadi hanya sekedar formalitas yang membosankan apalagi setelah olahraga dan makan pagi yang menimbulkan kantuk. Kekompakan yang coba dibangun justru menjadi blunder karena fasilitas yang diterima oleh lulusan sarjana lebih baik dibandingkan dengan D3 dan SLTA. Karena ditempatkan dalam satu wilayah yang sama dengan fasilitas yang berbeda justru celah yang sudah ada semakin lebar.

Namun hal itu tidak menjadi masalah karena ternyata teman-teman sarjana tidak membeda-bedakan teman berdasarkan tingkat pendidikan dan teman-teman D3 dan SMU tidak merasa sungkan untuk bergaul dengan teman-teman sarjana. Banyak sekali pembelajaran yang saya terima selama pelatihan kewiraan ini. Yang paling utama adalah saya jadi bisa mengenali watak, cara pandang, komunikasi efektif, cara memimpin, dan belajar dari hal tersebut. And that was the most important things I learned from this training.

Iklan

2 responses to “Pelatihan Kewiraan PT.Pupuk Kaltim

  1. andhika mahendra

    Memang fasilitas calon karyawan di pupuk kaltim apa aja? Saya berencana kerja disana, terimakasih

  2. Fasilitasnya cukup untuk membuat hidup tenang di Kota Kecil di Kaltim. Welcome to the club!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s