Sepedaan Lagi

Setelah 2 minggu berturut-turut lembur (termasuk weekend) Saya merencanakan akhir minggu yang berbeda. Biasanya, akhir minggu diisi dengan bangun siang, bermalas-malasan dan nonton DVD. Minggu ini, Saya mau bersepeda keliling Bontang.

Jam setengah tujuh pagi, Denny – kawan Saya-  datang menjemput. Awalnya, Saya kira kami akan bersepeda beramai-ramai. Tapi ternyata hanya Saya dan Denny saja. Kami berencana akan pergi ke Tanjung Laut. Cukup jauh.

Setelah cukup lama tidak bersepeda, perjalanan kali ini lumayan melelahkan. Kami berencana mengambil rute dengan melewati kawasan HOP Badak-Gunung Sahari-Tanjung Laut kemudian kembali.

Kami sempat singgah sebentar di pelabuhan Tanjung Laut untuk melihat hiruk-pikuk pelabuhan. Pelabuhan Tanjung Laut cukup sepi. Hanya ada beberapa kapal yang bersandar, tidak ada aktifitas bongkar muat,  padahal hari masih pagi.  Kemudian kami melanjutkan ke arah Tanjung Laut sampai jalan aspalnya habis. Setelah mentok kami berbalik ke arah Berbas.

Pelabuhan Tanjung Laut

Kami memutuskan untuk melewati kompleks PT. Badak untuk jalur pulang. Kompleks PT. Badak yang memiliki airport didalamnya adalah kompleks yang luas, hijau dan tertata dengan baik. Secara kasar, kompleks perusahaan PT. Badak lebih besar dari PT. Pupuk Kaltim. Selain airport, kompleks PT. Badak memilki town hall, area hutan wisata, fasilitas lapangan sepakbola, kolam renang, dan tempat nursery tanaman. Tanpa bermaksud membandingkan, PT. Pupuk Kaltim juga memiliki fasilitas-fasilitas tersebut, namun karena penempatannya yang tersebar fasilitas-fasilitas tersebut relatif kurang terekspos.

Saya paling senang melihat kawasan hijau PT. Badak karena sangat luas, pohonnya besar-besar dan formasi pohohnnya rapat. Namun, kawasan PT. Badak relatif sepi. Jarang sekali terlihat orang lewat, bahkan sekedar untuk berolahraga. Area hutan wisata yang harusnya ramai saat akhir minggu terlihat sangat sepi. Bandingkan dengan danau PCVI PT. Pupuk Kaltim yang ramai dikunjungi saat akhir pekan.  Menurut desas-desus yang beredar,  dahulu kawasan PT. Badak sangat tertutup kepada orang luar. Hanya beberapa tahun terakhir saja PT. Badak sedikit terbuka, itupun karena dikritik.

Sepeda si Denny

Sepeda si Denny

Hal yang menarik dari PT. Badak adalah upaya promosi masalah Health, Safety & Environment. PT. Badak nampak amat serius dengan penerapan budaya keselamatan kerja dan lingkungan hidup. Saya melihat banyak banner di ruang-ruang publik mengenai pennghargaan yang diraih PT. Badak. Selain itu, banyak banner yang mempromosikan keselamatan kerja dengan kreatif. Saya melihat ini sebagai hal yang positif, karena banner tersebut menunjukan upaya PT. Badak mempromosikan budaya HSE yang baik.

Sebelum pulang, kami memutuskan singgah untuk sarapan di warung Sari Rasa langganan Saya. Saya sengaja makan sedikit saja untuk mengurangi gejolak di perut nanti saat bersepeda karena perjalanan masih cukup jauh.

Setelah bersepeda badan terasa segar! Ah, minggu yang menyenangkan. Saya bukan hanya menikmati sepedaan kali ini, Saya juga membutuhkannya. Minggu depan adalah minggu yang berat karena pada tanggal 20 Oktober 2009 Pupuk Kaltim akan menjalani audit lingkungan oleh tim PROPER Provinsi. Jauh-jauh sebelumnya atasan Saya sudah berpesan untuk mempersiapkannya dengan baik. Sebetulnya Saya sudah cukup sering mengikuti audit PROPER, namun baru kali ini Saya harus menyiapkan dan menghadapi PROPER tanpa bantuan rekan Saya yang sedang dinas ke Taipei. Maka dari itu, Saya membutuhkan penyegaran sebelum menjalaninya. Mudah-mudahan dengan bersepeda, Saya siap menjalani minggu depan yang cukup berat.

4 responses to “Sepedaan Lagi

  1. mybrainsgrowell

    rumput tetangga emang selalu lebih hijau, dan 😀
    wah seli gw nganggur di jogja. di bawa aja po ya.. ke bontang..

  2. Ini fakta cuy, greenery badak emang lebih bagus. Gak maksud iri-irian sama sekali. Beli aja Git, ato bawa dari jogja. Nanti kita sepedaan rame2, hehehe. Eh Lonely Planet gw balikin!

  3. pkt tu sygnya terpisah pisah, coba satu kawasan kek badak, di jamin gak kalah “ijo”.

    sabar bung, LP nya tak pinjem dulu sampe pertengahan november.. ada rencana ke jogja ne. :P. ntar de klo bisa tak bawa sepeda aja dr jogja.

  4. eh karimun jawa nya gmn?

Tinggalkan Balasan

