2013

Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan di malam tahun baru ini. Tahun lalu, saya bertahun baru sama pacar di Sapporo sambil makan Nabe dan menikmati keriuhan bersama orang-orang Jepang yang mabuk. Tapi tahun ini saya sendirian saja, jadi saya akan menulis review tahun 2013 dan ekspektasi saya terhadap tahun 2014.

Secara umum tahun 2013 menuntut saya menjadi orang yang sabar dan belajar bahwa apa yang telah saya usahakan maksimal belum tentu meraih hasil yang baik pula. Manusia hanya bisa berusaha, hasilnya Allah yang menentukan.

Tahun 2013 saya daftar dua beasiswa kuliah S2 yaitu Chevening & USAID. Saya menumpahkan banyak waktu dan energi saya untuk mengisi form aplikasinya yang ribet itu. Bahkan setelah selesai, saya minta review kepada teman saya yang telah mendapat beasiswa tersebut. Saya juga harus mengemis-ngemis minta rekomendasi kepada bos saya dan dosen yang sepertinya sudah lupa sama saya. Hasilnya, walaupun saya diterima di beberapa Universitas di Inggris, saya gagal mendapat beasiswa. Saya sampai membohongi diri saya sendiri dan juga admission team Universitas-universitas tersebut dengan menunda admission prosesnya ke tahun 2014 seolah-olah saya bisa dapat beasiswa atau bisa bayar sendiri pada tahun itu. Sekarang tiap dapat email dari Inggris, sedih sekali rasanya.

Anyway, tidak seluruhnya tahun 2013 gelap, di sisi pekerjaan saya senang sekali karena termasuk dalam tim yang berhasil meraih target korporat, bahkan lebih dari target karena kami meraih tiga penghargaan antara lain; PROPER hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup, Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian, dan peringkat II Penghargaan Efisiensi Energi Nasional kategori manajemen energi dari Kementerian ESDM.

Walaupun tidak direncanakan sebelumnya, saya akhirnya diving juga ke Raja Ampat. Petualangan yang seru karena saya diving sendirian dan bergabung dengan grup lain dalam satu kapal Grand Komodo. Walaupun pada kenyataannya buddy saya tidak seseru yang saya bayangkan, bahkan sempat ada konflik, namun pada akhirnya keindahan bawah air Raja Ampatlah yang membuat trip itu sempurna.

Saya juga berhasil mencapai target menulis blog sebanyak 24 tulisan pada tahun ini. Apabila tulisan ini selesai, berarti 25 tulisan tercapai tahun 2013. Semoga tulisan-tulisan saya bisa menjadi warisan berharga untuk orang-orang terdekat saya.

Dari segi kesehatan, saya juga berhasil mempertahankan hasil Medical Check Up   yang tidak melebihi ambang batas. Kecuali asam urat yang sedikit di atas range, semuanya dalam toleransi. Berat badan saya juga masih berada pada kisaran 85 kg walaupun target olahraga dua minggu sekali sering tidak dilakukan.

Target ambisius ke Perancis atau Maroko tidak berhasil dilaksanakan karena saya kekurangan cuti dan juga kekurangan uang. Saya terlalu fokus pada urusan sekolah sehingga saya sedikit mengabaikan rencana traveling saya. Tahun 2014 pun rasanya berat untuk bisa traveling ke Eropa karena tahun 2014 akan menjadi tahun yang besar yang membutuhkan banyak energi dan biaya.

Sampai akhir tahun 2013 saya belum punya bisnis riil. Rencana bikin sekolah sama sahabat saya terpaksa ditunda karena ternyata buat sekolah gak semudah itu. Membuka sekolah juga butuh biaya dan effort yang besar, terlebih lagi si gendut dan saya masih sibuk dengan urusan masing-masing, si gendut dengan percintaan yang tragis dan saya dengan beasiswa yang gagal. Namun, ternyata si gendut tidak cepat terpuruk. Dia bisa mengambil inisiatif untuk membuat perusahaan jasa pelatihan yang rencananya akan dieksekusi tahun 2014 dan sata diajak!

Tahun 2013 kemarin saya akhirnya belajar bahasa perancis lagi bersama rekan saya di Bontang. Walaupun sampai sekarang saya masih belepotan ngomong, dan kalau diadu sama ponakan yang masih 6 tahun itu pasti kalah.

Ekspektasi Tahun 2014

Tahun 2014 akan menjadi tahun yang besar bagi saya. Bagaimana tidak, saya akhirnya akan settle down. Agak ngeri membayangkannya. Mungkin karena saya sudah terlalu lama bujang yang hidupnya berlangsung antara buritan dan kemudi kalau kata Chairil Anwar. Saya paham bahwa menikah, terutama di Indonesia bukan hanya urusan pengantin saja tapi dua keluarga. So I won’t have the privilege singles have, seperti hidup boros dan jadi flaneur  yang gemar keluyuran. Saya harus berbagi dan mencoba mengerti pasangan saya. Tahun 2014 akan menjadi tahun transisi saya dari bujangan ke pria berkeluarga. Oleh karena itu ekspektasi saya tidak akan seegois tahun sebelumnya.

Bisnis: Saya akan mengerahkan energi, waktu dan biaya untuk membangun dan membesarkan perusahaan yang sudah direncanakan oleh si gendut. Target pribadi saya, perusahaan ini harus sudah bisa berjalan dengan modal awal yang kami miliki walaupun belum untung.

Diving: Tahun depan saya akan meracuni pasangan saya itu untuk belajar diving.  Mungkin pada akhir tahun, karena pada tahun 2014 saya akan dapat cuti besar selama 75 hari!

Blog: Saya membuat target menulis 30 tulisan pada tahun 2014 tentang apapun. Saya juga akan berusaha jujur dalam menulis, sesuatu yang saya sadari sangat penting.

Kesehatan: Sama seperti tahun 2013, hasil medical check up tidak melebihi batas toleransi. Asam urat juga tidak boleh melebihi toleransi. Berat badan juga harus bisa mencapai 83 Kg dengan olahraga seminggu dua kali. Supaya nanti, walaupun setelah nikah, bisa tetap oke.

Bahasa: Saya akan fokus belajar bahasa perancis dengan target bisa ngobrol sama Zola, keponakan saya. Selama ini saya cuma ngomong perancis saat les saja, atau saat sms dengan rekan saya yang juga belajar bahasa perancis. Tahun 2014, saya harus lebih intens belajar.

Yah, kayaknya cukup ekspektasi saya di tahun 2014. Semoga saya bisa selamat melalui tahun 2014 yang merupakan tahun politik, tahun penuh ketidakpastian dan tahun yang menjadi milestone besar hidup saya.

Selamat tahun baru kawans, dan pada akhirnya saya akan mengutip Sapardi:

Yang fana adalah waktu. Kita abadi. 

Selamat tahun baru 2014.

Tinggalkan Balasan

